Perkemahan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara SMAN 1 Padangan

by 20.19 0 komentar

Hallooo semua, kali ini Gue bakalan cerita tentang perjuangan Gue selama 3 hari buat menggapai apa yang Gue idamkan sejak masuk SMA. Cerita ini emang panjang, tapi jangan bosen bosennya buat baca sampe ujung yaak. ;)

Hari ini, semua terjadi begitu cepat dan seperti biasanya, angin masih tertiup kencang, matahari masih terbit dari timur, Gue masih suka bangun siang, dan Gue masih suka kencing di bawah pohon.
14 – 16 Juni 2015, hari itu dimana perjuanganku untuk menggapai angan anganku selama ini akan terwujud. 3 hari tersebut adalah hari dengan penuh perjuangan untuk di resmikan dan di lantik menjadi anggota pramuka penegak bantara baru.

Hari perjuangan itu dimulai hari minggu, di saat anak anak yang laen pada enak tidur di rumah, Gue dan temen temen calon bantara harus bangun pagi dan bersiap siap buat berangkat ke Tuban. Kita semua berangkat dari sekolahan tercinta menuju ke Tuban dengan mengendarai Truk (yaa, udah biasa laah kalo buat Gue). Berangkat jam 07.30 dan sampai jam 08.30. perkemahan ini diadakan di Bumi Perkemahan Prataan, Tuban.

Hal pertama yang Gue rasakan saat sampe disana adalah bahagia banget, pemandangannya MasyaAllah indah + kereeeeen bangeett.. Gue turun dari truk dengan kepala yang muter muter gak jelas, yah karena jalan menuju kesana ngga gampang, banyak tikungan, tanjakan, turunan, belokan. Gue sempet istirahat beberapa menit, lalu kemudian bergegas mendirikan tenda.

Setelah upacara pembukaan, kakak panitia nyuruh ngambil telor yang kita bawa dari rumah, terus nyuruh telor tsb di bawa setiap kegiatan. Kakak panitia nyuruh kita buat ngejaga telor itu tidak pecah selama kegiatan 3 hari (gimana kagak pecah?? Orang Gue aja ngejagain pacar supaya kagak selingkuh aja kagak bisa, apalagi ngejagain telor supaya kagak pecah *apaansiih) tapii Alhamdulillah, Gue berhasil ngejagain telor itu supaya kagak pecah selama 3 hari.

Kita tidur jam 20.00 dan dibangunin tepat pukul 00.00. kita dibariskan dengan rapinya, malem ini Gue kagak begitu kedinginan. Kita semua disuruh jalan satu persatu buat acara penjelajahan dan tes. Gue berangkat dengan hati riang gembira (lalalalala dududududu). Di post pertama, Gue nanya ke kakak’nya, Gue dimarahin, disuruh tanya ke kakak yang lainnya, Gue tanya ke kakak yang lainnya, disuruh tanya ke kakak yang laen, selama 4 jam, Gue ama temen temen Cuma muter muter ga jelas gitu (kayak baling baling bambu *lho?). di tengah tengah perjalanan, Gue udah kagak kuat lagi, perut Gue sakit. Dan Gue memutuskan buat izin untuk istirahat dan dikasih obat sama PMR (kebetulan PMR’nya juga ikut kemah)

Pagi pun tiba, tak lupa buat kita semua untuk senam pagi dan makan. Selama 3 hari disana, kita semua makan apa adanya. Mulai lauk yang itu itu aja, tiap hari makan mie rebus ato mie goreng, lauk tempe goreng, pernah juga makan nasi yang belom mateng. Tapi semua itu kagak Gue rasain, karena kita makannya bareng” kita jadikan satu (kek prasmanan gitu).

Pukul 10.00 pagi, acara’nya adalah jelajah lagi. Kita di bagi menjadi beberapa kelompok, Gue dapet kelompok no 2 yang beranggotakan 5 orang. Sebelu, berangkat, kita disuruh nebak kode dari kakak panitia menggunakan semaphore. Semua mata tertuju padanya, dengan penuh konsentrasi, bahkan ada yang mangap terus. Gue berkonsentrasi, setelah beberapa menit, Gue menemukan jawabannya, yaitu “IKUTI WARNA BIRU, WARNA BIRU AKAN MENYELAMATKANMU”. Gue kasihkan jawaban tersebut ke panitia, dan ternyata betul *yeeyy. Kelompok Gue berangkat duluan, tapi sebelum berangkat, tangan kita di ikat dengan tali, wajah kita di cemongi dengan arang + aer, celana kita dimasukkin ranting pohon + daonnya. Uuuh, udah mirip banget sama gembel di kolong jembatan.

Penjelajahan pun dimulai, Gue sempet bingung nentuin arah, ehh ternyata ada rafiah warna biru, dan sesuai dengan kode’nya, Gue mengikuti jalan yang ada rafiah warna biru’nya. Ada salah satu kelompok, dia nyasar jauuuh gitu, karena dia kagak memperhatikan tanda’nya.. (hahahaha, rasain loe!!) Setiap post telah kita lewati, dengan penuh kegigihan dan semangat yang membara, kita semua mendaki ke bukit tertinggi, dengan jalan yang tidak begitu bagus, Gue tetep semangat buat sampe diatas. Tenaga terkuras habis, dan sampailah kita di atas bukit, dan disitulah Gue mengikrarkan janji suci Gue diatas batu besar yang berdiri kokoh diatas bukit yang begitu indah. Dengan disaksikan alam yang begitu indah, Gue berjanji dengan lantang’nya “Saya, atas nama Ahmad Afif Hidayat, dari pramuka SMAN 1 Padangan berjanji akan selalu menjaga kode etik pramuka, menepati dasadharma dan tri satya, akan mengabdi kepada pramuka, dan akan menjadi tunas bangsa yang berguna dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa Indonesia. MERDEKA!!!” ini dia foto’nya :

Di atas bukit broo :)

Kita semua kembali ke tenda pukul 14.00 dan segera membersihkan diri dan sholat. Lalu di teruskan dengan dengan tes SKU, Gue cukup santai aja, karena Gue udah dapet tanda tangan banyak. HAHAHAHAHA (ketawa setan).

Malam kedua, acara’nya adalah api unggun dan pensi, Gue kagak di tunjuk sebagai petugas api unggun (tumben), salah satu temen cowok Gue, dia bekerja keras buat nge’hafalin dasadharma, dia sempet buat contekan di tangannya (uuh, malang sekali idupnya). Setelah dia bekerja dengan keras, otot lehernya sampe sebesar jempol, keringet’nya sebesar biji jagung, akhirnya dia berhasil juga nge’hafalin dasadharma *yeey.

Di tengah tengah pensi, kita semua nyanyi lagu Kemesraan, tapi salah satu kakak panitia yang bernama Kak Lilis, dia malah kabur saat mendengar lagu itu. entah dia takut karena suara kita jelek, ato dia takut nge’liat setan saat kita nyanyi. Dia kabur karena dia mungkin memiliki kenangan yang indah bersama mantannya dulu di lagu tersebut, karena di malam sebelumnya, dia nangis saat dengar lagu itu *huhuhu :’(

Kita tidur jam 20.00, malam ini adalah malam yang Gue kagak suka, dimana di dalam tenda, saat temen temen Gue tidur dengan pulasnya, Gue di cepit dengan biadabnya oleh temen temen Gue, kaki’nya kemana mana. Tangan’nya juga begitu. Gue jengkel, dan Gue memutuskan buat tidur di luar tenda diatas tikar dengan berbekal sarung saja. #ngenes.

Kita jam 00.00 dibangunin lagi buat jurit malam, di malam itu Gue kedinginan bangett, Gilaak. Gue baris aja, kaki Gue gemeteran karena kedinginan, mulut Gue kagak bisa diem. Sumpah dingiin bangett *iya tau. Kita jurit malam dan berjalan sendiri sendiri lagi, jalan dengan jarak 500 Meter lebih, dengan penuh kegelapan, akhirnya Gue sampe di depan kuburan. Gue ngantri buat masuk ke kuburan. Setelah giliran Gue, Gue ngambil lilin yang udah disedia’in dan dengan penuh kepercayaan Gue memasuki kuburan tersebut. Saat mau ngambil badge bantara, Gue denger suara yang aneh, Iya Gue tau, itu kakak panitia yang nakut nakutin Gue, tapi Gue kagak takut siih Alhamdulillah, karena dia ketawa terus. (hahaha, pocong fail tuuh namanya :D). Akhirnya Gue dapet bantara, Gue seneng dan bangga sekali.
pocong fail :v

Setelah itu, kita dikumpulkan jadi satu buat di kasih renungan sama Kak Suyitno, di malam itu, air mata tumpah, termasuk juga Gue. Gue disitu juga nangis broo.
Pagi pun tiba, dan kita semua berjalan menuju ke atas bukit lagi buat liat sunrise, dengan penuh semangat, Gue memantapkan langkah kaki Gue menuju ke atas bukit dengan membawa bendera pramuka (Tunas Kelapa). Nih foto’nya :

Sekitar jam 09.00, dilaksanakan upacara pelantikan penagak bantara baru dan sekaligus upacara penutupan, Gue seneng banget. Upacara pelantikan dengan adat meminum air kelapa muda lalu di usapkan air kelapa’nya ke wajah. Ini dia foto’nya :

Setelah upacara selesei, kegiatan selanjutnya adalah bakti sosial, semua beras, mie, telor yang tersisa di tenda sangga putra, di keluarkan buat bakti sosial. Kita kebagian 3 rumah warga sekitar yang perlu di datengin, yang 2 rumah siih ga begitu sulit buat di temuin, tapi yang satnya, Gilaaak, penuh perjuangan buat sampe di rumahnya. Kita harus jalan melewati gang persawahan, masuk di sawah, jalan becek, naik ke atas, jauh dari pemukiman warga, rumah itu rumah satu satunya di situ dan tidak memiliki tetangga. Jauuh bangett.. Kita semua lelah.

Sesampai di tenda kita semua waktunya heppy”, ada yang berenang, foto foto, ada yang Cuma duduk duduk aja.

Jam 14.00 kita selesai bongkar tenda dan selesei beres”, tak lupa buat kita foto bareng. Ini dia :

Kita sampe di sekolahan pukul 16.00, semua letih, lunglai, lesu, laper. Tapi btw, selamat buat kakak kakak bantara baru, kita semua udamemiliki jabatan baru. Dengan jabatan baru ini, rasa tanggung jawab yang kita emban semakin besar buat pramuka SMAN 1 Padangan. Selamat dan sukses kak, teruslah berkarya untuk pramuka kita. SEMANGAT!!!!

Ini adalah foto” yang laennya selama kita disana, tapi cuma sebagian :

halang rintang

hehe

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.